jump to navigation

Resensi Buku Trik Cepat Menguasai MS Word 2007 April 25, 2007

Posted by lensamata in sinopsis buku.
trackback

word

Judul Buku: Trik Cepat Menguasai MS Word 2007

Pengarang: Jubilee Enterprise

Penerbit: PT Elex Media Komputindo.

Tahun Terbit: 2007

Tebal Buku: 246 Halaman.

 

Ringkas dan praktis itulah kata yang tepat untuk menggambarkan buku ini. Pas dengan judulnya, buku ini menyajikan cara cepat  menguasai program pengolah kata yang terbaru. Materi disajikan, ringkas, dibatasi pada tema-tema yang frekuensi pemakaiannya tinggi. Ditulis secara komunikatif dengan bahasa yang santai tidak melingkar. Inilah yang menjadi salah satu keistimewaan buku ini. Bila  ingin belajar cepat dengan program yang tercanggih, buku Trik cepat Menguasai MS Word 2007 ini sangat perlu dibaca.

Buku ini bisa istimewa karena kebanyakan buku komputer ditulis dengan bahasa yang begitu formil, kaku, tidak to the point hingga menambah sulit pembaca untuk mencerna materi yang  yang sebetulnya sudah cukup rumit.  Selain itu, karena materi yang disajikan mayoritas buku komputer terlalu luas. Ini tentu saja hanya akan menambah sulit  pembaca menemukan topik yang diinginkan secara cepat.

Keistimewaan lain yakni, langkah-langkah pembelajaran yang dijelaskan dalam buku ini sangat mudah dipahami dan dipraktekkan secara langsung. Memang, buku ini sengaja ditulis dengan bahasa santai, komunikatif dan tidak bertele-tele. Sehingga tak perlu mengeryitkan dahi untuk membacanya.

Toh begitu, bahasa santai yang digunakan, tak mengurangi bobot kualitas dan nilai akurat isi buku. Pembaca tak perlu ragu lagi untuk mengikuti petunjuk dan langkah-langkah dalam buku ini.Terlebih buku ini ditulis oleh seotang profesional di bidangnya. Ini bisa dibuktikan dengan kuantitas dan kualitas buku-buku hasil karyanya yang telah terbit – hampir semuanya merupakan buku yang mengulas seluk-beluk komputer. 

Selain itu, buku langkah-langkah bekerja dengan MS Words 2007 dalam buku ini juga dilengkapi dengan “cara cepat” atau shortcut. Misalnya untuk membuka dokumen anda cukup pencet tombol Alt+F+O. Pembaca akan  lebih mudah memahami karena disertakan ilustrasi gambar  dalam setiap langkah.

Kualitas kertas yang bagus; putih dan bersih menjadikan cetakan buku ini terasa enak dibaca. Tiap pergantian pokok pembicaraan diberi judul tersendiri, hingga membuat pembaca  cepat dan mudah mencari tema yang diinginkan. Setiap kata penting juga ditandai dengan huruf tebal, untuk mempercepat pembaca menangkap garis besar dari langkah-langkah yang diuraikan.  

Secara keseluruhan materi dalam buku ini dibagi menjadi 9 Bab. Tiap  bab terdiri dari sub judul guna memudahkan pembaca mengikuti langkah demi langkah dalam belajar  program pengolah kata terbaru; MS Word 2007. Dimulai dari pelajaran yang paling dasar hingga tingkat mahir. Pembaca yang masih awam dengan MS Word sekalipun bisa mengikuti dan mempraktekkannya secara simpel.

Bab pertama secara ringkas mengulas langkah-langkah dasar bekerja dengan MS Word 2007. Dalam bab ini pembaca ditunjukkan cara membuka program MS Word 2007, menyimpan dan membuka dokumen serta cara menutup program.

Bab 2 buku ini akan menuntun anda dengan cepat cara mengatur margin. Bagi yang hobi membuat brosur, pamflet, maupun leaflet bagian ini pantas disimak. Dalam bab ini pembaca diberi cara menentukan ukuran kertas dengan bebas, sesuai selera.

Sedangkan Bab 3 mengajarkan pembaca cara memilih bentuk dan ukuran huruf atau font. Dalam pembuatan dokumen, poster dan sebagainya pemilihan bentuk dan ukuran huruf sangat penting untuk memenuhi nilai artistik atau bahkan hanya alasan selera saja. Karena itu, penguasaan tentang pemilihan huruf tak mungkin terelakkan.

Pengeditan dokumen seringkali juga menjadi masalah bagi yang belum terbiasa dengan MS Word. Efisiensi waktu dan tenaga sangat dibutuhkan dalam proses editing. Proses editing menjadi tidak efektif bila editor kurang terampil dalam menjalankan perangkat lunak program pengolah kata ini. Maka tepat sekali jika dalam Bab 4 buku ini akan mengajarkan cara mengganti jenis huruf, mengganti teks, menandai teks yang  sedang dicari. Jelas semua itu terkait erat dengan editing – yang mutlak dikuasai kalau tak ingin memboroskan waktu dalam editing.

Bagi yang suka gambar dan ingin menyelipkan obyek-obyek pendukung dalam dokumen akan menjadi mudah bila mengikuti langkah-langkah yang dijelaskan dalam bab 5. Misalnya, cara untuk memasukkan foto ke dalam dokumen: Klik insert, lalu klik picture, kemudian klik Insert. Ringkas, praktis dan mudah diikuti! Masalah lain terkait gambar atau foto dibahas lengkap dan tuntas dalam Bab 5 buku ini.

Tuntutan profesionalitas dalam bekerja saat ini tak bisa ditawar. Jika ada yang mengetik urutan angka dengan cara manual, pasti akan ketinggalan. Bab 6 buku ini  mampu menepis kekuatiran dalam pembuatan tanda-tanda dan penomoran (Bullets and Numbering) dalam dokumen. Jika anda harus membuat nomor urutan, bahkan yang paling detil dan rinci sekali pun, anda bisa mengerjakannya dengan ringan. Karena dalam pembaca akan dituntun cara membuat Multilevel List yang tercakup dalam bab ini, dan cara membuat urutan angka dengan bermacam jenis.

Dokumen seringkali akan mudah dipahami orang lain jika disertai dengan tabel. Hingga cara membuat tabel pun mutlak dikuasai. Bab 7 akan membantu anda cara membuat tabel yang rapi. Cara untuk memperindah tabel dengan garis pinggir/borders juga tercakup dalam bab ini.

Jika anda dokumen anda selesai anda ketik, mungkin bisa membingungkan bos anda atau orang lain, jika dalam dokumen itu  tak dibubuhi nomor halaman. Sementara untuk membuat nomor halaman dengan cara manual, juga akan memboroskan waktu. Maka anda perlu membaca bab 8 dalam buku ini yang mengajarkan anda cara melengkapi dokumen. Selain itu, anda akan diajari cara menyisipkan informasi-informasi pada halaman dokumen. Dengan memanfaatkan fasilitas header dan footer anda bisa mengerjakan hal itu.

Anda tentu tak ini kehilangan alamat rekan bisnis anda. Sehingga anda perlu mendata nama dan alamat teman anda. Mail Merge yang dikupas dalam Bab terakhir buku ini sangat membantu anda mendata dan menyimpannya. Sehingga jika sewaktu-waktu anda ingin mengirimkan surat kepada sejumlah rekan , anda tinggal  menekan tombol Address Block. Tentu saja, anda tidak bisa serta merta menekan tombol itu, tetapi ada langkah-langkah yang harus anda ikuti. Dan langkah langkah baru bisa anda ketahui  kalau anda membaca buku ini.

Bentuk serta ukuran buku yang relatif kecil, mempermudah buku ini mudah disimpan dan dibawa ke mana pun. Sehingga anda tidak perlu kuatir, seandainya anda kesulitan mengerjakan dokumen, anda tinggal mengambilnya dari tas dan membacanya. Karena buku ini memang ditulis secara ringkas  dan memuat tema-tema yang frekuensi pemakaiannya sangat sering.

Komentar»

1. Rahmat Hidayat Nasution - Maret 16, 2008

Terima kasih resensinya. Saya jadi berminat ingin membacanya. Semoga amal anda ‘membincangkan’ buku ini mendapatkan ganjaran dari Tuhan yang Maha Esa.Oh ya, salam kenal dari saya: Rahmat Hidayat Nasution

2. ERJON - April 10, 2008

MOHON BERI BANTUAN UNTUK MATERI MS.WOD TENTANG PEMBUATAN SKRIPSI

3. lensamata - April 10, 2008

@Erjon
Oke deh saya bantu…gini, kamu ke toko buku terus minta bantuan SPG atau petugas yang ada di sana. Bilang begini, “mas/mbak…saya mo bikin skripsi nih…buku MS Word tentang skripsi ada gak ya?” Nanti pasti kamu ditolong kok

4. Anang Raisidi - April 16, 2008

thanks banget ya tas informasinya, tapi susah banget untuk nyari buku itu di kota saya, maklum kota saya kota merauke. tapi kalu boleh nyaranin. bukunya di sebarin deh di seluruh pelosok indonesia, yang pastinya di merauke.thanks….

5. lensamata - April 16, 2008

@anang raisidi:
wah…bravo pa’ce! walaupun di merauke, tapi tetap mau cari buku…salut dah! kalau pingin dikirim langsung bukunya, coba e-mail ke wisnu@elexmedia.co.id deh!


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

%d bloggers like this: