jump to navigation

Buku-Buku Populer Serambi April 10, 2007

Posted by lensamata in sinopsis buku.
trackback

Judul Buku: Change Yoyr Mindset, Change Your Life
Penulis: Carol S. Dweck, Ph.D.
Penerbit: Serambi Ilmu Semesta
www.serambi.co.id

Jika menginginkan perubahan kecil, garaplah perilaku Anda. Jika menghendaki perubahan besar dan mendasar, garaplah mindset Anda!

Kesuksesan tak hanya buah dari potensi (bakat, kecerdasan) dan usaha. Cara kita memandang diri, dunia, dan kesuksesan juga turut menentukannya. Karena itu, kunci sukses dalam segala pentas kehidupan sesungguhnya adalah pola pikir sehat. Orang berpola pikir sehat tidak menyalahkan keadaan dirinya. Alih-alih mengandalkan bakat dan kecerdasan, dia lebih menekankan proses belajar dan peran ikhtiar. Baginya, kesuksesan atau kegagalan di masa kini bukanlah cerminan dari masa datang.
Paparan tentang kesuksesan dalam buku ini sangat mendasar dan langka. Lazimnya, buku-buku tentang kesuksesan lebih menawarkan sisi-sisi praktis. Tetapi, buku ini justru mengajak Anda menggarap inti masalah kesuksesan: pikiran. Tak hanya itu, buku ini mengontraskan dengan apik tokoh-tokoh dunia-di bidang musik, sastra, sains, olahraga, dan bisnis-yang berpola pikir tetap (fixed mindset) dan berpola pikir berkembang (growth mindset). Ternyata, tokoh yang berpola pikir tetap lebih mampu mempertahankan kesuksesan dan kegembiraan hidup.
Bagi Anda penikmat buku motivasi, teramat sayang bila Anda tak melahap isi buku ini. Bagi Anda para pemimpin, eksekutif, guru, orangtua, trainer, atau pelatih olahraga, buku ini sangatlah membantu dalam mengubah para pembelajar “bermasalah” menjadi insan-insan sukses dan bahagia. Sebagai pribadi pun, Anda tak bakal kecewa dengan buku hasil penelitian 20 tahun lebih dari ahli kenamaan di bidang motivasi dan psikologi kepribadian ini. Banyak inspirasi yang niscaya membuat Anda senantiasa optimis, gembira, dan terampil membangkitkan kemampuan-kemampuan dahsyat dalam diri Anda.

 

Judul Buku: Kompas Ruhani
Menapaki Perjalanan Menemukan Kemuliaan Diri Bersama Nabi
Penulis: Ahmad Jauhar Tauhid
Penerbit: Serambi Ilmu Semesta
www.serambi.co.id

Dan Allah adalah tujuan semua perjalanan (Q.S. al-Nûr: 42).

Kewajiban utama seorang muslim adalah menuju Allah. Namun, jalan untuk itu amatlah terjal dan berliku. Begitu banyak jebakan dan kelokan menyesatkan. Banyak pula pilihan. Para dai, ulama, wali, hingga setan durjana, semuanya mendaku bahwa jalan yang mereka tempuh sungguh-sungguh menuju-Nya. Manakah yang benar, lurus, dan sejati?
Perjalanan menuju Allah sejatinya adalah perjalanan ke dalam diri. Sebuah perjalanan ruhani untuk menemukan kembali kemuliaan diri. Layaknya sebuah perjalanan panjang mengarungi alam, perjalanan ini tiada berujung. Karena itu, kita membutuhkan peta [Alquran]. Kita juga memerlukan kompas ruhani agar tak tersesat di kelokan dan persimpangan nafsu, tak terperosok ke jurang kehinaan, dan cepat sampai dengan selamat di Tujuan.

Buku di tangan Anda ini menawarkan sebuah cara untuk mempergunakan kompas ruhani yang kita semua miliki. Dengan ulasannya yang menggelitik nalar dan menggetarkan sanubari, buku ini juga menandaskan bahwa untuk mengenal Allah dan sampai kepada-Nya, Anda harus cakap membaca peta dan kompas ruhani. Anda mesti melewati pintu masuk yang benar. Dan, Muhammad adalah pintu menuju kebenaran. Hanya manusia paling mulia, suci, dan dekat dengan Allah inilah yang dapat mengantarkan kita kepada-Nya.

Memang, perjalanan kita semua akan bermuara ke haribaan-Nya. Tetapi, hal utama yang perlu menjadi ikhtiar bersama buku ini adalah kita sampai di sisi Allah yang rida, bukan yang murka.

 

Judul Buku: Moshkel Gosha
Penulis: Llewellyn Vaughan Lee
Penerbit: Serambi Ilmu Semesta
www.serambi.co.id

Sebuah Kisah Pencerah Batin

Seperlima buku ini berisi kisah.
Sebuah kisah kuno dari Persia.
Kita diajak menyimak kesediaan seorang penebang kayu untuk memasuki dimensi ruhani dan batin dalam dirinya. Bagaimana ia mendapatkan energi magis, membusungkan dada karenanya, lalu harus berendah hati sembari bercerita tentang Moshkel Gosha.

Sisanya, buku ini menuturkan hikmah di balik kisah sufi ini. Betapa kita mesti membina hubungan pribadi dengan batin kita sendiri. Agar terbiasa mendapatkan pertolongan dari dalam, dan tak melulu mengandalkan bantuan dunia luar.

Buku ini menawarkan cara saling berbagi bimbingan tersembunyi dan nutrisi hati, lewat hikayat kuno dan pengalaman Anda sendiri. Asyik, tak terduga, dan mencerahkan.

 

Judul Buku: Enneagram of Love and Relationships
Hubungan dengan Teman dan Pasangan Jadi Lebih Asyik dan Menyenangkan
Penulis: Renee Baron & Elizabeth Wagele
Penerbit: Serambi Ilmu Semesta
www.serambi.co.id

Jangan cuma mencintai atau mencampakkan seseorang. Galilah sembilan tipe kepribadian dan temukan dirinya menjadi kekasih, belahan jiwa, mitra, atau kolega yang sempurna bagi Anda! Renee Baron dan Elizabeth Wagele menawarkan pendekatan jenaka bagi pergaulan Anda, juga cara menemukan mitra yang tepat, memperbaiki hubungan, dan memahami orang-orang sehingga Anda tak salah menempatkan diri.

Eneagram-sistem penggolongan kepribadian yang kian dikenal luas- menjelaskan mengapa kita memiliki perilaku tertentu. Ia juga menyediakan sarana penting untuk memahami jati diri dan meraih wawasan. Buku ini mengupas kesembilan tipe kepribadian itu dan bagaimana interaksinya dalam percintaan, pekerjaan, keluarga, dan persahabatan. Setiap bab berisi perincian menarik, kartun jenaka, tes-kepribadian yang sederhana, dan contoh “pasangan-pasangan terkenal” dari setiap tipe. Semua disajikan ringkas dan praktis untuk membantu Anda menemukan dan menghargai tipe Anda sendiri dan serta orang-orang yang sedang, atau akan, Anda pergauli.

 

Judul Buku: The White Castle
Istana Putih
Penulis: Orhan Pamuk
Penerbit: Serambi Ilmu Semesta
www.serambi.co.id

Cerita ini berkisah tentang kehidupan seorang asal Venesia yang konon menjalani kehidupan sebagai seorang budak di Istanbul, Turki, pada sekitar abad ke-17. Karena pengetahuannya yang luas, tuannya yang segala-galanya sangat mirip dengannya berusaha dengan segala cara menggali semua pengetahuan dan sekaligus menguras semua pengalaman hidup si budak.

Tuan dan budak harus mengarang banyak cerita ajaib dan menafsirkan mimpi sultan yang mereka abdi, termasuk merancang sebuah senjata pamungkas yang hebat. Ketika senjata aneh yang dianggap pembawa sial itu gagal menaklukkan Istana Putih, kehidupan mereka pun terancam, terutama si budak kafir itu.

Pertukaran jati diri di antara keduanya, yang terjadi di sepanjang kisah, diungkapkan dengan cara yang unik dan membuat pembaca bertanya-tanya apakah menjalani kehidupan orang lain memang bisa membuat kita bahagia.

Komentar»

No comments yet — be the first.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: